Tips Mencuci Baju Bola Dengan Benar dan Tepat

Tips Mencuci Baju Bola Dengan Benar dan Tepat

Untuk Anda penggemar sepakbola mengoleksi kaos bola sebagian dari hobi. Banyak yang suka untuk mengoleksi baju bola original. Harganya terbilang sangat mahal karena bisa jutaan serta sangat langka untuk didapat. Sehingga jersey original sering dibeli hanya untuk koleksi dan jarang digunakan, karena takut jika digunakan akan kotor.

Ada juga yang suka digunakan untuk sehari-hari karena ingin tampil trendy. Setelah digunakan pasti terbesit di benak Bagaimana cara mencuci jersey original? Apakah proses pencucian sama seperti mencuci baju biasa? Simak cara mencuci Jersey original berikut.

Tips Mencuci Baju Bola

Membersihkan Noda

Sebelum memasukkan ke dalam cucian, sebaiknya periksa terhadap noda yang terdapat pada baju. Jika menemukan noda seperti tinta bekas minyak dan lain sebagainya, segera bersihkan terlebih dahulu dengan mengoles deterjen ke noda tersebut.

Jika sulit hilang gunakan cuka, bubuk soda atau cairan pembersih yang aman digunakan. Disarankan untuk mencoba cairan di bagian yang tidak terlihat supaya memastikan bahwa cairan tidak akan merusak baju.

Cuci Jersey Sejenis

Jangan asal mencampur baju bola dengan baju-baju lain. Terutama mencampur Jersey dengan baju yang memiliki warna putih, karena kemungkinan warna akan luntur ke baju tersebut. Hindari penggunaan pemutih pada jersey karena hal ini akan merusak printing pada baju.

Mencuci Dalam Keadaan Terbalik

Sebelum memasukkan ke dalam cucian sebaiknya bagian sisi dalam diganti ke luar. Sehingga permukaan kain yang di luar menjadi bagian dalam serta tidak terekspos langsung dengan cucian. Selain itu tu lepas bagian kancing supaya tidak kendur dan rusak saat baju dikucek atau berputar.

Menggunakan Deterjen Berkualitas

Jangan sembarangan saat memilih deterjen hindari penggunaan sabun yang mempunyai pemutih serta menggunakan deterjen yang berkualitas. Perlu diingat bahwa ini original jadi perlu memberi perawatan yang ekstra. Pada mesin cuci pastikan settingan putaran berada di gentle atau lembut, sehingga putaran tidak terlalu kasar dan cepat.

Baca Juga Artikel: Cara Memilih Kaos Bola di Konveksi dengan Baik dan Benar

Hindari Mencuci Dengan Air Panas

Pastikan temperatur air pada mesin cuci atau cucian pada ember. Pastikan untuk menghindari air panas karena bisa merusak serat kain serta printing jersey. Lebih baik menggunakan air hangat atau air biasa.

Jangan Terlalu Lama Mencuci

Jersey tidak perlu dicuci terlalu lama cukup melakukan pencucian secukupnya dan sewajarnya. Pada mesin cuci jangan lupa untuk mengatur lama pencucian supaya tidak keterusan, karena jersey original biasanya cukup rentan.

Jangan Dimasukkan Ke Mesin Pengering

Hindari untuk mengeringkan Jersey dengan mesin pengering. Sebaiknya Anda menjemur dan biarkan kering secara alami dengan udara bebas. Menggunakan mesin pengering berpotensi untuk merusak bahan karena putaran cenderung kasar serta suhu terlalu panas supaya baju cepat kering.

Menggantung dan Tidak Perlu Disetrika

Sebaiknya baju bola jangan dilipat tetapi digantung menggunakan hanger. Hal ini untuk mengurangi kerutan pada bagian tertentu.

Biasanya jersey tidak perlu disetrika karena tidak akan kusut tetapi jika Anda merasa baju tersebut kusut bisa disetrika dengan keadaan bagian dalam menghadap. Hal ini ini untuk menghindari sponsor dan logo pada baju terkena panas dari setrika. Usahakan suhu setrika tidak terlalu panas supaya baju tetap aman.

Itulah tips mencuci baju bola yang bisa Anda lakukan. Jika anda suka menggunakan baju jersey original sebaiknya untuk melakukan tips diatas dan menghindari hal yang tidak perlu. Hal ini bertujuan untuk menjaga baju agar tetap aman dan tidak rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share Artikel ini ..

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn