Perawatan Bahan Kaos Penting Dilakukan Agar Lebih Awet

Perawatan Bahan Kaos Penting Dilakukan Agar Lebih Awet

Pentingnya mengetahui perawatan bahan kaos agar lebih awet, wajib Anda ketahui. Saat ini kaos sudah menjadi salah satu bagian dari kehidupan sehari-hari. Selain itu juga sudah menjadi suatu kebutuhan primer. Bahan kaos ini memang menjadi paling tepat karena praktis dan nyaman digunakan.

Sehingga semakin banyaknya bentuk dan model kaos yang ada. Meskipun memiliki banyak kaos perlu untuk menjaganya agar tetap awet dan tahan lama.

Perawatan Bahan Kaos Penting Dilakukan Agar Lebih Awet
Ilustrasi perawatan bahan kaos. Foto: Ist/Net

Inilah Beberapa Perawatan Bahan Kaos yang Perlu Anda Lakukan

Merawat kaos yang Anda miliki memang menjadi hal penting. Untuk itu ketahui beberapa cara merawat kaos yang benar berikut ini.

Hindari Penggunaan Mesin Cuci

Apabila memilih mencuci pakaian menggunakan mesin cuci memang pilihan tepat. Sehingga Anda akan lebih menghemat waktu dan energi. Namun, apabila Anda ingin kaos terjaga kualitasnya, sebaiknya memilih mencucinya secara manual. Hal ini penting untuk menghindari kaos tidak cepat memudar dan melar.

Bersihkan Langsung Saat Terkena Noda

Untuk mencegah noda yang semakin sulit dibersihkan, perlu segera membersihkannya dengan pembersih. Apabila membiarkan noda menempel terlalu lama, akhirnya menjadi sulit dibersihkan. Bahkan nantinya akan merusak kaos tersebut.

Rendam Secukupnya

Jenis bahan kaos sebaiknya tidak direndam terlalu lama. Selain itu, juga tidak merendamnya dalam air dengan deterjen berlebihan. Hal itu karena deterjen berlebih dapat menyebabkan kaos menjadi mudah rusak.

Dicuci Secara Terpisah

Perawatan bahan kaos dapat dilakukan dengan mencuci secara terpisah dengan pakaian lainnya yang berwarna. Untuk kaos berwarna putih, maka perlu Anda gabungkan dengan pakaian lainnya yang berwarna putih. Hal ini mencegah terjadinya kelunturan pakaian lainnya. Sehingga kaos yang Anda miliki akan tetap bersih. Selain itu Anda juga perlu menghindari tercampurnya kaos yang sangat kotor. Hal itu akan menyebabkan kotoran tersebut menempel pada kaos Anda.

Jangan Disikat

Untuk bahan kaos sebenarnya tidak disarankan menyikatnya, kecuali terdapat kotoran yang membandel. Kerasnya bulu-bulu sikat dapat merusak kaos Anda. Sehingga akan menjadikan kaos longgar dan tampak ‘brudul’. Selain itu Anda juga perlu menghindari untuk mengucek kaos terlalu kuat.

Jauhkan dari Penggunaan Pemutih

Sebaiknya tidak pernah menggunakan pemutih pakaian pada kaos. Bahan pemutih pakaian memiliki kandungan zat kimia yang sangat kuat dan sifatnya seleksi unsur. Sehingga akan menghilangkan noda yang menempel pada seratnya. Namun akan mengakibatkan kaos menjadi pudar.

Hindari Penggunaan Hanger

Perawatan bahan kaos apabila dalam kondisi basah, sebaiknya tidak dijemur menggunakan hanger. Hal ini karena akan merubah bentuk kerah dan membuatnya tampak melar.

Jemur dengan Cara Dibalik

Untuk menjemur kaos, sebaiknya dengan posisi bagian dalam berada di luar. Paparan sinar matahari akan menyebabkan warna kaos mudah pudar. Sehingga pastikan untuk menjemur kaos dengan cara dibalik terlebih dahulu.

Setrika Langsung Apabila Sudah Kering

Pastikan untuk menyetrika kaos secara langsung, setelah menjemurnya hingga kering. Caranya dengan mengatur suhu pada setrika dan menyesuaikan dengan bahannya. Hal ini penting agar kaos tidak mudah pudar dan rusak.

Tidak Digunakan Tidur

Untuk menjaga kaos yang lebih awet, sebaiknya hindari menggunakannya saat tidur. Kaos tersebut akan menjadi cepat kotor, terutama pada bagian lehernya. Saat Anda sedang tidur secara sadar atau tidak akan berkeringat. Adanya kombinasi keringat dan kotoran debu pada seprai akan membuat kaos mudah kotor. Bahkan adanya tekanan pada kaos akan menyebabkannya mudah melar.

Perawatan bahan kaos ini memang penting untuk Anda ketahui. Sehingga Anda dapat menjaga kaos agar lebih awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share Artikel ini ..

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn