Ketahui Teknik dan Macam-Macam Bordir pada Konveksi

Teknik Bordir Akarsa

Jasa konveksi akan selalu dibutuhkan untuk memenuhi pesanan baju seragam baik dari perusahaan, komunitas, bahkan juga sekolah. Tentu tidak hanya sekedar baju saja, tetapi termasuk juga pembuatan logo, pola dekoratif pada baju, dan lainnya yang dibuat dengan beragam teknik dan macam-macam bordir.

Teknik Bordir

Bordir merupakan aktivitas menyulam benang menggunakan jarum sehingga terbentuk pola dan desain sesuai dengan kreativitas maupun keperluan. Bordir sendiri bisa dilakukan dengan beberapa teknik yaitu manual dan digital (menggunakan komputer dan mesin).

Teknik dan Jenis-Jenisnya

Proses pengerjaan bordir logo ataupun pola dekoratif pada baju bisa dilakukan menggunakan teknik manual maupun digital.

Teknik manual atau dikenal juga dengan sulam tangan, adalah teknik membuat bordir menggunakan tangan dengan pola jahitan yang bervariasi. Terkadang ada beberapa customer yang memesan baju seragam menggunakan logo dengan teknik manual. Macam-macam bordir untuk teknik manual ini diantaranya:

  1. Tusuk tikam jejak/tusuk balik, biasanya digunakan untuk menjahit lipatan, menyatukan kain, dan membuat pola dari bentuk garis.
  2. Tusuk rumani, biasnya digunakan untuk membuat desain pola berbentuk bunga, daun, dan bidang yang panjang.
  3. Tusuk veston, sering digunakan untuk lubang kancing, bahan tepi kain, serta memperkuat dan menghias pola bunga.
  4. Tusuk jelujur, yang paling sering Anda temukan dan biasanya digunakan untuk membuat garis kain, lipatan, dan jahitan.
  5. Tusuk batang/tangkai, sering digunakan untuk membuat pola berupa ranting, batang, dan juga bidang.

Teknik yang kedua adalah dengan teknik digital atau komputer yang pada pengerjaanannya dilakukan oleh mesin bordir dengan bantuan komputer untuk memprogram gambar yang akan dibordir. Biasnya teknik ini digunakan untuk membuat beberapa macam, seperti:

  1. Bordir handuk (moss stitch), bordir macam ini banyak digunakan pada jaket, topi, kerudung, busana muslim, dan kebaya.
  2. Bordir timbul (3D), yang banyak ditemukan pada topi snapback.
  3. Bordir stik, biasanya digunakan untuk selendang, topi, kebaya, busana muslim, kaos oblong, dan lainnya.

Jika Anda ingin membuat baju seragam baik itu kaos, kemeja, jaket, topi atau apapun, Anda bisa menggunakan jasa dari Akarsa Garment & Printing. Konveksi ini sudah sangat berpengalaman, terpercaya, dan memberikan hasil yang bagus. Cek langsung di sini.

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share Artikel ini ..

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn